Menjalin Silaturahmi dengan Komentar Website Desa

Website-website Desa Membangun telah disediakan kolom untuk berkomentar. Penyediaan kolom komentar ini bukan tanpa maksud. Meninggalkan komentar di website lain, terutama website desa lain terbukti memberi manfaat bagi situs desa yang dikunjungi dan mengunjungi. Terlebih jika desa kita telah mempunyai web resmi desa, akan sangat disayangkan jika hanya mengunjungi tulisan sebuah situs tanpa meninggalkan komentar.

Sebelum dituliskan beberapa manfaat saling berkomentar ini, perlu sedikit dijelaskan terlebih dahulu tentang “dofollow”

Dofollow

Dofollow adalah istilah untuk web atau blog yang jika kita memberikan komentar ke situs tersebut maka berarti kita menaruh link ke blog tersebut dan dihitung sebagai link balik (backlink) oleh Google. Seperti diketahui, backlink berkualitas yang diterima oleh website akan menjadi poin tambah bagi Google untuk menempatkan urutan sebuah situs di hasil pencariannya.

Situs-situs yang tidak disetting dofollow, orang yang meninggalkan link website di kolom komentar tidak dihitung sebagai link balik oleh Google. Website seperti ini disebut nofollow.

Sehingga tidak setiap berkomentar di web lain akan mendapat link. Dengan berbagai pertimbangan, situs-situs di jejaring Desa Membangun tidak diatur sebagai dofollow.

Terlepas dari itu, ada manfaat besar lainnya yang didapat ketika saling meninggalkan komentar di website desa:

1. Mempererat Tali Silaturahmi antar Desa

  • Website adalah ibarat rumah. Website-website desa lain bagaikan tetangga rumah. Saling mengunjungi dan menegaskan kehadiran melalui komentar, tentunya akan menjalin silaturahmi antar desa.

  • Komunikasi yang terjalin intensif akan membawa dampak pada bertambahnya rasa kekeluargaan antar desa, sehingga mengurangi rasa segan untuk saling belajar dan bekerjasama.

  • Dalam kontek berjejaring, ini adalah salah satu sarana komunikasi baik antar warga desa maupun antar desa.

2. Menambah Semangat

  • Ibarat toko yang banyak mendapat kunjungan tentu akan menambah semarak toko tersebut. Komentar di website adalah bentuk apresiasi dari orang yang berkunjung di situs web. Apresiasi ini menunjukkan bahwa tulisan kita dibaca dan website kita dikunjungi oleh orang lain. Ini tentunya akan memberi suntikan semangat tersendiri bagi desa.

3. Media Belajar

  • Dengan berkomentar di website lain, sebaiknya  memahami makna dan tujuan artikel bersangkutan. Ini akan menjadi media berlatih untuk mencari sesuatu yang menarik yang bisa dikomentari.

  • Ketika berkomentar kita berusaha memberi tanggapan, solusi, sanggahan, pendapat pribadi, bisa menjadi sarana untuk menemukan ide-ide baru yang bermanfaat.

  • Semakin banyak berkomentar, semakin banyak berlatih. Semakin banyak berlatih, semakin bagus keterampilan kita menyampaikan ide atau gagasan. Jadi, jika ingin meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat, banyak-banyaklah berlatih dengan berkomentar di situs web desa lain.

4. Mendapatkan Trafik

  • Sekali berkunjung ke web desa akan dicatat oleh Google sebagai trafik atau jumlah pengunjung. Jika desa-desa kompak untuk saling mengunjungi tentunya ini akan menjadi tambahan trafik yang berarti bagi website desa. Semakin tinggi jumlah pengunjung situs web, berpengaruh pada peringkat di hasil pencarian Google.

5. Mendapat Kunjungan Balik

  • Pada kolom komentar, disediakan kolom untuk mengisi alamat website pemberi komentar. Jika ini diisi dengan alamat web desa pemberi komentar, akan memudahkan web yang dikomentari berkunjung balik ke web desa pemberi komentar. Di web desa pemberi komentar, pengunjung ini juga akan meninggalkan websitenya yang akan memudahkan untuk menuju ke websitenya. Demikian seterusnya. Kunjungan bolak-balik seperti ini juga diperhitungan sebagai poin untuk memberikan peringkat di hasil pencarian Google.

Untuk mendapatkan manfaat dari saling berkomentar tersebut, perlu diperhatikan hal-hal berikut :

  • Rajin mengunjungi dan berkomentar di situs-situs web desa

  • Tidak lupa mengisikan alamat situs web desa kita di kolom komentar bagian link /URL. Lengkap dengan http:// (contoh : http://dermaji.desa.id )

  • Cara dan Tata kelola komentar web desa ini bisa dibaca dan diunduh modulnya di sini http://bit.ly/komenwebdesa

  • Tulisan terbaru dari situs-situs desa membangun bisa dilihat di http://feed-desa.blogspot.com

2 Responses to Menjalin Silaturahmi dengan Komentar Website Desa

  1. Acha says:

    wah tulisan yang keren,, benar-benar harus dipraktekkan nih …
    terima kasih atas tulisan yang sangat mencerahkan ini …
    langsung dipraktekkan nih…
    Salam hangat selalu, ditunggu tulisan-tulisan berikutnya …

  2. shanty says:

    iya..kerren dan mudah dipahami.segera dipraktekkan juga nihh…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>