GDM Peringati Satu Tahun DESA.ID

Peringatan satu tahun DESA.ID di Rumah Desa Indonesia

Peringatan satu tahun DESA.ID di Rumah Desa Indonesia

Gerakan Desa Membangun (GDM) menggelar peringatan satu tahun domain desa.id, Kamis (1/5/2014) di Rumah Desa Indonesia, Jalan Rawa Salak, Desa Pangebatan, Karanglewas, Banyumas. Puluhan kepala desa dan pegiat IT di Banyumas hadir dalam acara itu untuk berbagi cerita pemanfaatan domain desa untuk penyebarluasan informasi di dunia internet.

Acara dipandu oleh Supriyanto, Ketua Relawan TIK Banyumas. Diskusi diawali dengan presentasi dari Ahkmad Munawar, Mantan Kepala Desa Pancasan, Ajibarang yang menjadi tim GDM yang mempresentasikan usulan domain DESA.ID dalam Diskusi Umum Terbuka PANDI pada 12 Februari 2012 di Jakarta. Akhmad Munawar menegaskan usulan domain DESA.ID muncul akibat kebuntuan kebijakan nama domain yang dipergunakan oleh desa.

“Awalnya kita ingin menggunakan domain GO.ID karena kita adalah bagian dari pemerintah desa. Namun, kebijakan penggunaan domain itu terhenti pada tingkat pemerintah kabupaten. Akhirnya, desa-desa menggunakan OR.ID meski tidak sepenuhnya tepat. Dari obrolan itu, muncul gagasan untuk mengusulkan domain baru bernama DESA.ID,” jelas Munawar pemilik akun twitter @jebulrika.

Usulan domain DESA.ID bersamaan dengan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa di DPR. Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, menjadi penyaji presentasi DESA.ID yang disusun oleh tim GDM. Sebelum presentasi, Bayu merasakan banyak anggapan negatif pada usulan tersebut.

“Saya coba jelaskan pengertian desa. Desa tak bisa dipandang semata-mata sebagai wilayah administrasi, karena dia merupakan kesatuan masyarakat hukum yang berhak mengatur dirinya berdasar hak asal dan usul. Karena itu, untuk menegaskan identitas desa diperlukan domain DESA.ID,” ujar Bayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>