GDM Siapkan Draft Usulan Peraturan Pemerintah UU Desa

Gerakan Desa Membangun (GDM) tengah persiapkan draft usulan Peraturan Pemerintah (PP) agar pelaksanaan Undang-Undang Desa. GDM memandang inisiatif itu perlu dilakukan agar PP yang menjadi menerjemahkan UU Desa masih selaras aspirasi desa.

Untuk mewujudkan gagasan itu, GDM menyelenggarakan workshop bersama Tim Ahli UU Desa sekaligus PP, Yando Zakaria ada 18-19 Januari 2014. Acara ini diikuti oleh 80 orang, terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kelompok Swadaya Masyarakat, Lembaga Adat, dan Pegiat pemberdayaan desa di Balai Desa Baseh dan Balai Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas.

Selama kegiatan, Yando Zakaria mengajak peserta untuk melihat UU Desa secara komprehensif. Ada sejumlah topik yang menjadi bahan obrolan, antara lain:
1. Posisi dan Kedudukan Desa. UU Desa menempatkan desa sebagai kesatuan masyarakat hukum yang berhak mengatur rumah-tangganya berdasar hak asal-usul dalam bingkai NKRI. Negara mengakui entitas desa atau disebut dengan nama lain sebagai kesatuan hukum yang hargai.
2.

2 Responses to GDM Siapkan Draft Usulan Peraturan Pemerintah UU Desa

  1. Pingback: berita | Desa ku yang terindah

  2. Pingback: Gerakan Desa Mengawal Pelaksanaan Undang-Undang Desa | Desa Membangun

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>