GDM Optimis UU Desa Bawa Perubahan di Wilayah Perdesaan

Gerakan Desa Membangun (GDM) optimis pengesahan Undang-Undang Desa pada 18 Desember 2013 akan membawa angin perubahan di wilayah perdesaan. UU Desa menjadi dasar kebijakan tata kelola desa yang mengadopsi strategi desa membangun sehingga desa diberikan wewenang dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan.

Demikian pendapat Juru Bicara GDM, Yossy Suparyo, dalam Lokakarya Desa Membangun di Kabupaten Majalengka pada 18-19 Desember 2013 di Kampus SMK PUI Majalengka. Lokakarya GDM diikuti oleh 50 desa dan 30 organisasi pemerintah daerah di wilayah Majalengka. Menurutnya, desa-desa yang tergabung dalam GDM harus menunjukkan kemampuannya dalam mengelola pembangunan desa secara kreatif, akuntabel, dan transparan.

“Desa musti berani mempublikasikan laporan pembangunan ke publik melalui internet supaya publik tahu kinerja mereka,” jelas Yossy.

Untuk wilayah Kabupaten Majalengka, GDM bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Majalengka untuk mengembangkan dan menerapkan sistem informasi desa sebagaimana diatur dalam pasal 86 UU Desa. Bahkan, tepat di hari pengesahan UU Desa, Diskominfo Majalengka meluncurkan layanan server desa gratis untuk seluruh desa di Majalengka.

“Kita siapkan server yang terbaik, tiap desa bisa diberikan ruang 2 GB untuk mengolah data dan informasi desanya,” ujar Wawan Kurniawan, Kepala Bidang Kominfo Kabupaten Majalengka.

4 Responses to GDM Optimis UU Desa Bawa Perubahan di Wilayah Perdesaan

  1. dhika says:

    Dear admin,

    dimanakah saya bisa mendapat dokumen UU desa yang telah disahkan? Sepertinya masih sulit untuk dilacak di google.

    Salam dari Bandung,

  2. Duhari Daya says:

    Ass.wr.wb.Buat admin tolong di update UU DESA biar kita-kita cepet adaptasi dengan perubahan ataupun hal lain yang berhubungan dengan Desa,trims salam Pedesaan

  3. contoh surat says:

    mantab nih GDM….
    semoga membawa Indonesia ke arah yang lebih baik…

  4. Milton says:

    Sabar pak Edi, insya Alloh beberapa waktu lagi akan ada ssolui. Entah itu wajan bolik, open BTS atau lainnya, semoga kita sama2 bisa mendukung Cirahab, sebagai keluarga besar Gerakan Desa Membangun

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>