Desa Mandalamekar dan Pemprov Jabar Gelar Rapat Online

image

Pemerintah Desa Mandalamekar lakukan rapat online dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Sabtu (21/9/2013). Rapat koordinasi langsung dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat, Dudi Sudrajat, di Kantor Dinas Kominfo Jawa Barat, Bandung.

Rapat online menggunakan aplikasi V-Meet, sebuah aplikasi konferensi video yang dikembangkan oleh Dinas Kominfo Jawa Barat. Ahmad Heryawan mengaku senang bisa berkoordinasi dengan pemerintah desa meski hanya lewat konferensi video.

“Saya mendapat banyak masukan dari pemerintah desa. Mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Kang Aher, panggilan akrab Gubernur Jawa Barat.

Selain rapat online dengan Pemdes Mandalamekar, gubernur juga melakukan rapat dengan sejumlah desa, seperti Desa Padakembang Tasikmalaya, Dinas Kominfo Kota Sukabumi, dan sejumlah instansi lainnya. Gubernur secara spontan memberikan bantuan spontan sebesar 10 juta rupiah pada Pemdes Padakembang, Tasikmalaya untuk penyelesaian pembangunan kantor desa usai mendengar laporan perkembangan dari pemdes setempat.

“Meski ini hari Sabtu, gubernur mengapresiasi terobosan ini. Beliau minta acara rapat online bisa diagendakan secara rutin. Teknologi informasi dan komunikasi seharusnya menjadi media efektif untuk tata kelola pemerintahan,” jelas Dudi Sudrajat melalui konferensi video.

image

Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar, mengaku bangga bisa ikuti rapat online. Keberadaan aplikasi V-Meet menjadi jembatan baru  komunikasi antara pemerintah desa dan provinsi, terutama untuk koordinasi kerja. Dia berharap rapat online seperti ini bisa dijadikan sebagai agenda resmi pemerintah provinsi.

“Kesempatan untuk bisa berdiskusi dengan gubernur dan kantor dinas seperti ini sangat istimewa, terlebih bagi Desa Mandalamekar yang tergolong desa tertinggal. Kami bisa melaporkan perkembangan tata pemerintahan secara langsung,” ujarnya.

Rapat online sedikit terganggu oleh sinyal koneksi yang tidak stabil di Desa Mandalamekar sehingga rapat diteruskan oleh Kepala Dinas Kominfo Jabar. Dudi menyambut baik inisiatif Desa Mandalamekar untuk mengembangkan web desa http://mandalamekar.desa.id sehingga perkembangan desa bisa dilihat langsung oleh Gubernur.

Lebih lanjut, Dudi Sudrajat akan mendorong Desa Mandalamekar sebagai desa percontohan pengembangan usaha ekonomi produktif berbasis teknologi informasi. Pada Oktober 2013, ada dukungan dari Swiss Germany University untuk membantu pemetaan potensi ekonomi dan pengembangan wirausaha mandiri desa.

“Peranan teknologi informasi sangat penting dalam pengembangan ekonomi di wilayah perdesaan,” lanjut Dudi.

Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat menyatakan salut pada Gerakan Desa Membangun (GDM) yang menjadi ruang belajar desa-desa dalam pemanfaatan teknologi informasi. Dia berjanji akan mengundang kepala dinas Kominfo di kabupaten se Jawa Barat untuk mendorong desa-desa memanfaatkan teknologi informasi seperti Desa Mandalamekar.

2 Responses to Desa Mandalamekar dan Pemprov Jabar Gelar Rapat Online

  1. Harry Pramana says:

    Assalamualaikum admin,

    Salam kenal saya Harry Pramana asal Riau berlatar pendidikan computer science .salah satu peserta Program Penggerak pembangunan desa yg dinaungi Menpora. saya ditugaskan di desa Kreyo jateng. yang membawa 2 program unggulan
    1.Pengembangan ekenomi mikro
    2.Pengembangan Teknologi informasi desa
    selama hampir 2minggu dsni saya sudah melakukan observasi sistem administrasi Pemdesnya yang masih amburadul. maka sari itu saya ingin melakukan studi banding ke desa MandalaKelar. sekiranya saya dibantu mulai informasi menuju desa dan pembimbingan selama saya disesa.

    Atas perhatianya terimakasih

  2. devi says:

    tekhnologi dan infomasi memang harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat terutama untuk memajukan kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>