Tasikmalaya Pelopori Desa 2.0 di Jawa Barat

Kantor Desa Papayan, Lokasi Lokakarya Desa Membangun di TasikmalayaSejumlah desa di Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya pelopori penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola desa. Mereka berharap usaha itu memutus rantai keterisolasian akibat kondisi geografis dan buruknya infrastruktur jalan. Lewat website desa dan situs jejaring sosial, desa-desa di Jatiwaras mampu berkomunikasi dengan dunia luar, sekaligus mempromosikan aneka hasil bumi yang menjadi andalan dunia perdesaan.

Desa Mandalamekar menjadi desa pertama yang mengambil langkah itu. Awalnya mereka membuat blog di sebuah layanan webblog gratisan, namun langkah itu langsung berhadapan dengan tembok besar yaitu akses infrastruktur telekomunikasi yang tak juga merambah wilayah Desa Mandalamekar. Untuk memperbarui konten blog, mereka harus menempuh jarak 10 Km dengan medan yang untuk mengakses warung internet yang ada di kota kecamatan.

Selain jarak dan medan yang berat, Desa Mandalamekar menemui kendala ketersediaan sumber daya manusia. Warga desa yang mengenyam pendidikan formal lebih memilih untuk tinggal dan bekerja di kota. Bisa dikatakan warga yang memilih tinggal di desa merupakan kalangan yang kalah berkompetisi di kota. Bermodal SDM sisa-sisa, Yana Noviadi (40), Kepala Desa Mandalamekar mengambil keputusan untuk memiliki website desa, bukan sekadar blog gratisan.

Pucuk dicinta ulam tiba, gagasan untuk memiliki website mendapat dukungan dari para pegiat TIK yang berempati padanya. Selanjutnya, beragam persiapan dan pelatihan segera dilakukan untuk mewujudkan ide tersebut. Akhirnya, Desa Mandalamekar memiliki website resmi dengan alamat http://mandalamekar.or.id bahkan sistem itu tak sekadar memiliki fasilitas pengelolaan konten biasa, tapi tersedia aplikasi untuk mengembangkan tata pelayanan publik yang cepat dan akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>