Obrolan Ngopikere Hangatkan Gunung Kelir

acara ngopikere di gunungkelir

Acara #ngopikere di Desa Donorejo, Kaligesing, Purworejo

Para peserta #ngopikere di Desa Donorejo, Kaligesing, Purworejo sudah berdatangan, Sabtu (11/5/2013). Sejumlah kalangan tampak berbincang santai di atas gelaran tikar di halaman. Lainnya memilih bergerombol bertiga atau berlima sambil menikmati kopi panas dan ubi rebus. Ada kelompok yang memasang mimik serius, ada pula yang mengumbar muka sumringah. Inilah acara #ngopikere yang digelar oleh @gunungkelir sebagai media bertukar gagasan, pengalaman, dan motivasi pegiat online dalam bingkai perdesaan.

Tim Gerakan Desa Membangun (GDM) terbagi dalam tiga kontingen, kontingen timur dikoordinasi oleh Infest Yogyakarta, Kontingen Selatan terbagi dua, yaitu kelompok Blogger dan Perangkat Desa. Kontingen timur seperti @kabartersiar @suryaden @khayate @muhammadamrun tiba di Donoharjo Jumat pagi (10/5/2013). Mereka didaulat menjadi panitia yang mendukung kerja warga Donorejo untuk menyiapkan acara.

Para Blogger ada yang berangkat dari Yogyakarta karena mengikuti acara Information Camp. Ada juga yang berangkat bareng tim dari Brebes pada Jumat Siang. Mereka tiba di Purworejo di sore hari, lalu meneruskan perjalanan ke Donorejo bersama tim penjemput yang disiapkan oleh panitia. Kontingen para perangkat desa, seperti Desa Mandalamekar, Desa Dermaji, dan Desa Melung berangkat Jumat malam karena pada hari itu ada kunjungan dari Depdagri untuk menyusun langkah persiapan reformasi desa setelah RUU Desa disahkan menjadi UU Desa.

belajar kambing etawa

Gerakan Desa Membangun belajar budidaya Kambing Etawa bersama Toto Sugiarto

Delegasi Desa Mandalamekar diwakili oleh Dedi Sugistiwa, Punduh (Kepala Dusun) Cinunjang. Desa Dermaji memberangkatkan empat orang yang langsung dipimpin oleh Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji. Lalu, Desa Melung mengirim dua delegasi yang dikomandani oleh Kepala Desa Melung terpilih pada Pilkades (5/5/2013) Khoerudin. Rombongan ini berangkat dari Purwokerto Jumat malam pukul 23.00.

Rombongan perangkat desa tiba di Donorejo pada Sabtu (11/5/2013) dinihari pukul 04.00 hanya berbekal panduan GPS smartphone yang mereka bawa. Pada tengah perjalanan, tepatnya Alun-Alun Kebumen, Tim GDM bertemu dengan @kangtajib pegiat @kampungjagad yang menyamber obrolan di linimasa @desamembangun sepanjang perjalanan ke acara #ngopikere. Rapat dinihari digelar sekitar 30 menit dari pukul 01.00-01.30 sembari menikmati bakmi rebus di pojok Alun-Alun Kebumen.

Rapat dinihari itu menghasilkan kerjasama antara @kangtajib dan para kades 2.0 untuk mengembangkan kampanye #pilkadesbersih dan #pilkadesmurah di desa-desa yang tersebar di Kabupaten Kebumen. Langkah ini diambil karena pada dua bulan mendatang ratusan desa di Kabupaten Kebumen akan menggelar Pilkades serentak. Kampanye #pilkadesbersih dan #pilkadesmurah akan menjadi ikon pergerakan desa-desa di Kebumen.

Usai rapat dinihari, rombongan meluncur ke @gunungkelir. Setiba di lokasi rombongan GDM disambut oleh Toto Sugiarto, sang penunggu @gunungkelir. Kopi panas dan ayam bakar sudah tersedia sebagai sajian penyambutan. Sejumlah pegiat online langsung lakukan jabat erat. Meski waktu menunjuk pukul 04.00, mereka belum mampu pejamkan mata karena hangatnya obrolan di arena #ngopikere.

Paginya, GDM berbagi pengalaman dengan Relawan TIK Jawa Barat yang dikomandani oleh @fajareridianto. Selama satu jam, mereka terlibat dalam perbincangan serius tentang pengembangan @desamembangun di wilayah Jawa Barat. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan bahwa Relawan TIK Jawa Barat akan menyiapkan tim khusus untuk pendampingan desa-desa dalam menerapkan teknologi informasi.

timbul yulianto dan kambing etawa di gunungkelir

Timbul Yulianto, Perangkat Desa Melung di Kandang Kambing Etawa

Usai pertemuan dengan Relawan TIK Jawa Barat, para tim GDM terlibat dalam diskusi khusus bersama Toto Sugiarto bertopik budidaya kambing etawa. Perbincangan itu terkait dengan pembibitan, pemeliharaan, dan pemasaran kambing etawa. Setelah perbincangan itu Toto Sugiarto mengajak para perangkat desa menuju kandang kambing. Di sana, dia menjelaskan secara lebih rinci cara-cara budidaya kambing etawa.

One Response to Obrolan Ngopikere Hangatkan Gunung Kelir

  1. terima kasih atas kunjungan nya salam ternak

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>