GDM Wilayah Cirebon Siapkan Pemberdayaan 2.0

ahmad rovahan jingga media

Ahmad Rovahan, Juru Bicara GDM Wilayah Cirebon

Desa-desa di Cirebon tengah bergegas memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat. Motornya dipegang sejumlah pemerintah desa oleh Jaringan Radio Komunitas (Jarik) Cirebon, Komunitas BlankOn Cirebon, Jingga Media, Program Pemberdayaan Nasional Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Prioritas program pemberdayaan 2.0 itu pada peningkatan kemampuan warga desa untuk mempromosikan potensi dan produk desa.

Setelah melakukan konsllidasi rutin pada tingkat desa, pada Jumat (3/5/2013), mereka menggelar lokakarya yang diikuti oleh 10 desa. Lokakarya dihadiri oleh Dewan Pakar Gerakan Desa Membangun (GDM), Yossy Suparyo (35), yang datang dari Jakarta setelah meluncurkan domain desa.id di Kantor Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) pada 1 Mei 2013.

Lokakarya Desa Membangun akan digelar di Balai Desa Winduhaji, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Juru bicara GDM wilayah Cirebon, Ahmad Rovahan (26) mengatakan lokakarya itu akan membahas strategi pemanfaatan teknologi informasi di perdesaan, penyelenggaraan tata layanan publik yang baik, dan bimbingan teknis website desa.

Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar mewakili GDM menerima nasi tumpeng dari Arif Budimansyah pada peluncuran domain desa.id

Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar mewakili GDM menerima nasi tumpeng dari Arif Budimansyah pada peluncuran domain desa.id

“Ini langkah nyata untuk mengangkat derajat desa. Selama ini posisi desa sangat marginal, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Ayo ramaikan dunia internet ddngan kreativitas warga desa,” jelas Rovahan yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Jarik Cirebon di kediamannya di kawasan Buntet Pesantren.

Desa-desa di Kabupaten Cirebon siap menggunakan domain desa.id untuk alamat website resmi desa. Domain desa.id akan menjadi identitas desa di Indonesia di jagad internet. Desa bisa memanfaatan internet untuk peningkatan ekonomi desa, seperti mempromosikan produk pertanian, kerajinan tangan, hasil bumi, dan jasa lainnya.

3 Responses to GDM Wilayah Cirebon Siapkan Pemberdayaan 2.0

  1. Kemarin hari jumat selama seharian penuh kami mengikuti pelatihan Webset desa sekecamatan sedong kabupaten cirebon bertempat diruang pertemuan balai desa Winduhaji kecamatan Sedong, kami bangga yang menyampaikan materi adalah anak-anak muda yang kreatif dan energik dan mudah dicerna oleh kami yang masih gaptek dengan IT. Dan hasilnya kami tidak puas dan ingin tahu lebih jauh tentang teknologi internet untuk menunjang kemajuan desa kami, pelatihan selanjutnya sangat kami tunggu, walaupun usia kami sudah tidak muda lagi tapi kami tetap semangat dan ingin lebuh jauh mengenai dunia maya/internet. Terima kasih teman-teman yang telah memperkenalkan kami ke dunia maya/internet

  2. Rohman says:

    Acara Sosialisasi domain desa.id dan RUU DESa Yang Di cilacap Belum di posting ya…. ditunggu updatenya… saya anak desa jadi semangat bisa mengenal GDM .. Merdesa….

  3. sutardjo says:

    sukses mas rovahan…untuk caraka gmn?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>