GDM Banyumas Presentasikan Domain Desa di Cilacap

image

Gerakan Desa Membangun (GDM) presentasikan domain desa.id di publik hearing Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa yang digelar oleh Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Cilacap, Sabtu (4/5/2013). Ratusan desa mengikuti acara yang digelar di Gedung Wanita Patra Graha di kawasan Perumahan Pertamina, Gunungsimping, Cilacap itu.

Presentasi diwakili oleh Agung Budi Satrio (Kepala Desa Melung) dan Soepriyanto (Koordinator Blogger Banyumas). Secara bergantian, keduanya berbagi pengalaman pemanfaatan website desa, teknologi informasi dan komunikasi berbasis open source, promosi produk desa, hingga tata pemerintahan yang baik dan transparan.

Pada kesempatan itu, Budi Satrio mengajak para kepala desa untuk menjadi inisiator perubahan melalui penyelenggaraan layanan publik yang baik. Selama ini layanan publik di desa berjalan di tempat karena perhatian pemerintah desa banyak tersita untuk mengerjakan tugas-tugas perbantuan. Karena itu, Pemerintah Desa Melung dan sejumlah desa di Banyumas mencoba bekerja sama dengan para programmer komputer untuk menciptakan Aplikasi Mitra Desa.

“Aplikasi Mitra Desa membantu kami untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat dan murah. Layanan surat-menyurat dan administrasi cukup butuhkan 5 menit saja,” jelas Budi Satrio.

Selain layanan publik yang baik, ada sejumlah program GDM yang dapat diterapkan oleh desa-desa di Cilacap, seperti tata kelola perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan yang akuntabel dan transparan serta pengelolaan sumber daya desa yang berkelanjutan dan memperhatikan kearifan kolektif masyarakat.

blogger banyumas presentasi domain desa id

Soepriyanto, Koordinator Blogger Banyumas Presentasi Domain Desa Id

Setelah presentasi GDM, Soepriyanto memaparkan perihal domain desa.id. Domain desa.id merupakan salah satu nama domain internet yang khusus digunakan oleh desa. Kebijakan domain desa.id baru diluncurkan pada 1 Mei 2013 oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) dan GDM di Jakarta.

“Sekarang desa memiliki identitas jelas di internet dengan adanya kebijakan nama domain desa.id. Bila desa Anda bernama Sidaurip maka bisa gunakan http://sidaurip.desa.id, supaya dapatkan nama yang sesuai silakan ajukan pendaftaran nama domain secepatnya,” jelas Soepriyanto.

3 Responses to GDM Banyumas Presentasikan Domain Desa di Cilacap

  1. Temen-temen Blogger Cilacap siap membantu para kepala desa maupun yang peduli dengan desa melalui pemanfaatan internet dan domain desa.id :)

  2. Desa Pedekik says:

    Mantap and sukses.. Semoga desa – desa di Indonesia bisa memanfaatkan fasilitas ini secara maksimal. Terus maju Indonesiaku dengan mengoptimalkan program2 pedesaan.
    Salam kenal dari Desa Pedekik Bengkalis Riau

  3. ipank prayoga says:

    cara mendapatkan aplikasi GDM gimana ya pak?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>