Bangun Kesadaran Lingkungan Lewat Bersih Sungai

bersih sungai kranji purwokerto desa membangun

Aksi Bersih Sungai Banjaran II di Kranji, Purwkerto

Gerakan Desa Membangun (GDM) wilayah Banyumas mengadakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup melalui acara Serangan Fajar #bersihKranji. Acara berlangsung pada Minggu (21/4) di Bendung Sungai Banjaran II di wilayah Kelurahan Kranji, Purwokerto Timur, Banyumas. Serangan Fajar #bersihKranji didukung oleh sejumlah lembaga nonpemerintah yang tergabung dalam Komunitas Hijau Banyumas.

Acara Serangan Fajar #bersihKranji dimulai pada pukul 05.00 dengan fokus membersihkan sampah di wilayah Bendung Banjaran II yang terletak di kawasan Jalan Sudirman. Warga berdatangan dengan membawa kantong plastik besar untuk menampung sampah-sampah, terutama yang tidak bisa terurai oleh alam, seperti bungkus makanan ringan, kantong kresek, pakaian bekas, dan sampah rumah-tangga lainnya.

penonton acara bersih sungai kranji oleh gerakan desa membangun

Warga yang memilih sebagai penonton dalam Aksi Bersih Sungai Komunitas Hijau Purwokerto

Para gerilyawan desa yang ikut dalam Serangan Fajar #bersihKranji ada sekitar 200 orang. Mereka bersemangat membersihkan sampah dengan masuk ke sungai hingga basah kuyup. Jumlah itu terbilangan kecil karena peserta yang datang hanya untuk menonton mencapai ribuan orang. Maklum, aksi Serangan Fajar #bersihKranji bersama dengan hari bebas kendaraan bermotor sepanjang Jalan Sudirman sehingga ribuan warga Purwokerto melakukan aktivitas santai, seperti olahraga, wisata kuliner, bersepeda, maupun sekadar jalan-jalan.

senam pagi dalam hari bebas kendaraan bermotor di purwokerto

Aksi senam pagi oleh warga Kelurahan Kranji, Purwokerto Timur

Bagi GDM, kegiatan bersih sungai hanya sebagai media untuk membangun kesadaran lingkungan hidup. Persoalan lingkungan hidup acapkali muncul setelah dampaknya datang, seperti banjir, pencemaran air, dan pencemaran udara akibat bau busuk.

aksi bersih sungai kranji purwokerto

Foto Bersama setelah Aksi Bersih Sungai

Komunitas Hijau Banyumas merupakan aliansi strategis organisasi masyarakat untuk mendorong tata kelola lingkungan hidup yang baik di Kabupaten Banyumas. Komunitas Hijau Banyumas secara berkala melakukan kegiatan pendidikan lingkungan melalui aksi bersih sungai, penghijauan, serta mendesak pemerintah untuk memperhatikan aspek lingkungan dalam melahirkan kebijakan.

One Response to Bangun Kesadaran Lingkungan Lewat Bersih Sungai

  1. waduh wajin banget yah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>