Mutu Pilkades dan Masa Depan Desa di Indonesia

Awal 2013, ratusan desa di Kabupaten Cilacap tengah menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pilkades merupakan tatacara untuk memilih kepala desa melalui pemungutan suara warga. Pilkades menjadi ruang untuk mewujudkan demokratisasi di tingkat desa.

Berbeda dengan desa, meskipun kelurahan memiliki level yang sama, lurah ditunjuk atas dari pengangkatan. Proses demokrasi yang berlangsung di desa tidak bisa dinikmati oleh masyarakat kelurahan. Desa memiliki kedaulatan sendiri dalam mengatur rumah tangga sendiri, sedangkan kelurahan menjadi perpanjangan birokrasi pemerintah di atasnya, kecamatan dan kabupaten.

Kewenangan untuk memilih kepala desa melalui jalur pemilihan memiliki keunggulan dan kekuarangan. Warga bisa menentukan siapapun layak jadi pelayan (baca: kepala desa) mereka sendiri karena warga desa adalah merupakan satuan wilayah hukum berdasarkan hak asal dan usul.

One Response to Mutu Pilkades dan Masa Depan Desa di Indonesia

  1. Arif Wibowo says:

    Mendi tulisan teruse..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>