Layanan Pantau Migrasi TKI di Mitra Desa

Statistik Data Perpindahan Penduduk dalam Aplikasi Mitra Desa

Aplikasi Mitra Desa akan memiliki layanan pantau migrasi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Pada Desember 2012, pemerintah desa bisa memanfaatkannya untuk mendokumentasikan warganya yang bekerja di luar negeri.

Pengembangan layanan dilakukan oleh Infest Yogyakarta dan Pusat Sumber Daya Buruh Migran. Layanan itu muncul atas usulan para kepala desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun Wilayah Banyumas.

Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Banyumas mengatakan desa merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI). Undang-undang No 39 Tahun 2004 tentang Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri memberikan wewenang kepada pihak desa untuk terlibat dalam legalisasi dokumen dan pengawasan pemberangkatan.

Kelemahan saat ini, pemerintah desa tidak memiliki petunjuk teknisnya untuk memeriksa kesahihan dokumen-dokumen yang menjadi prasyarat migrasi, seperti surat izin pihak keluarga dan kartu tanda penduduk. Akibatnya, banyak tindak pemalsuan dokumen dalam pemberangkatan TKI ke luar negeri.

Metadata Layanan Pantau Migrasi TKI dalam Aplikasi Mitra Desa

Layanan pemantauan migrasi menjadi perhatian khusus para kepala desa yang menjadi kantong-kantong buruhmigran. Mulai Juni 2012, Desa Dermaji memulai proses perbaikan tata kelola perlindungan buruh migran dengan merapikan data kependudukan yang bekerja ke luar negeri.

Aplikasi Mitra Desa memudahkan proses temu kembali data warga yang bekerja di luar negeri. Aplikasi itu juga mendukung penanganan buruh migran bermasalah. Langkah tersebut menjadi masukan penting untuk DPR yang tengah membahas RUU TKI.

One Response to Layanan Pantau Migrasi TKI di Mitra Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>