Memasang LibreOffice 3.5 | BlankOn 7 Pattimura

Pada dasarnya saat pertama kali memasang BlankOn Pattimura di perangkat komputer sudah tersedia perangkat lunak perkantoran yaitu LibreOffice  versi 3.3, berikut ini saya tuliskan tutorial untuk memasang LibreOffice versi 3.5. Unduh Berkas pemasangan LibreOffice 3.5 di sini.

Sebelum memasang LibreOffice 3.5 ada baiknya kita buang dulu LibreOffice yang sudah terpasang. Caranya, buka program Terminal, lalu masuk sebagai super user atau root :

sudo su

ketikkan perintah berikut untuk membuang LibreOffice versi sebelumnya :

apt-get remove libreoffice-core

Setelah terbuang, sekarang mari kita masuk ke jendela berkas di mana tadi kita sudah mengunduh berkas pemasangan LibreOffice 3.5, lalu kita ekstrak berkasnya

ekstrak file

untuk mempermudah anda mengingat nama folder hasil ekstrakan tadi kita rubah namanya menjadi “libre” saja (tanpa tanda petik) misalnya.

Kembali lagi ke program terminal, kita masuk ke dalam folder berkas pemasangan berada(pada kasus saya berkas ada di folder Downloads) dengan mengetik perintah :

cd /home/tomira/Downloads/libre/DEBS

setelah itu ketik perintah :

dpkg -i *.deb

sekarang masuk ke folder desktop-integration untuk memasang icon pada blankon-panel :

cd desktop-integration

lalu ketik perintah :

dpkg -i *.deb

setelah selesai maka LibreOffice 3.5 sudah berhasil terpasang :)

LibreOffice 3.5

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>