GDM Banyumas Gelar Lokakarya di Desa Dawuhan

lokakarya desa membangun

Lokakarya Desa Membangun

Banyumas. Gerakan Desa Membangun (GDM) wilayah Banyumas akan menggelar Lokakarya Desa Membangun yang Kelima di Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas. Lokakarya akan berlangsung pada 13-14 Juli 2012 di Pendopo Museum Kalibening, sebuah situs bersejarah cikal bakal berdirinya Karisidenan Banyumas.

Pada lokakarya kali ini, GDM wilayah Banyumas fokus pada penajaman isu kewenangan tata kelola sumber daya desa, seperti pengembangan ekonomi kreatif, tata kelola wilayah, pengelolaan aset desa, dan peningkatan kinerja pelayanan publik di tingkat desa.

Topik di atas merupakan tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) yang mengundang dua kepala desa dari Kabupaten Banyumas, yaitu Bayu Setyo Nugroho (Kepala Desa Dermaji, Lumbir) dan A Budi Satrio (Kepala Desa Melung, Kedungbanteng). Mereka diminta memberikan masukan untuk pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa.

Juru bicara GDM wilayah Banyumas, Kodirin, mengatakan lokakarya ini akan diikuti oleh 28 desa di Kabupaten Banyumas dan sejumlah peserta tamu dari Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Ciamis. Pada lokakarya ini juga hadir sejumlah tenaga ahli dari Direktorat Jendral Pemberdayaan Telematika, Kementrian Informasi dan Komunikasi, Jakarta dan Perkumpulan HuMa.

Pada lokakarya ini Blogger Banyumas, salah satu pendukung GDM akan melaporkan hasil kegiatan Juguran Blogger Banyumas dan merumuskan strategi tindak lanjutnya, terutama untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif berbasis desa.

Peserta akan dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas anggota baru dan anggota lama. Kelas anggota baru akan berbagi tentang teknik pengelolaan informasi di portal desa dan penggunaan sistem operasi BlankOn Linux. Peserta lama akan fokus pada keterbukaan informasi publik, peningkatan kinerja pelayanan masyarakat lewat Mitra Desa 1.0, dan tata kelola sumber daya desa.

Selain itu, tim pengembang BlankOn Linux dan Komunitas BlankOn Banyumas akan menggelar Klinik Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Perdesaan untuk membantu desa-desa memanfaatkan TIK secara efektif di wilayahnya. GDM sendiri tengah mengembangkan aplikasi Mitra Desa 1.0 yang mendukung tata kelola sumber daya di dunia perdesaan.

Bagi desa-desa yang ingin mendaftar sebagai peserta lokakarya silakan mengunduh FORMULIR PENDAFTARAN dan mengirimkannya melalui E-mail: desamembangun@gmail.com

3 Responses to GDM Banyumas Gelar Lokakarya di Desa Dawuhan

  1. budi satriol says:

    yang juga tidak kalah penting cerita tentang PLTP, dampak terhdapa lingkungan dan keberlangsungannya

  2. Blog Renaldi says:

    keren banget nih Banyumas, makasih pak atas sambutannya kemarin di acara juguran :)

  3. Desa Dawuhan Dampinganku selamat atas terlaksananya gerakan membangun desa Bravo Dawuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>