GDM Banyumas Kembangkan Sistem Mitra Desa

lokakarya sistem mitra desa gerakan desa membangun desa melung

Lokakarya Sistem Mitra Desa di Desa Melung, Kedungbanteng

Gerakan Desa Membangun (GDM) Banyumas menyelenggarakan lokakarya pengembangan sistem Mitra Desa di Kantor Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Acara ini berlangsung selama dua hari, 7-8 April 2012. Sistem Mitra Desa mendukung penyelenggaraan pelayanan publik secara prima, seperti administrasi, pengarisan, keuangan, dan pemetaan potensi ekonomi desa.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 utusan desa dari Kecamatan Kedungbanteng, Ajibarang, dan Lumbir. Acara ini dibagi menjadi dua kelas, kelas kebijakan desa difasilitasi oleh Muhammad Khayat (Infest Yogyakarta) serta kelas dukungan teknologi informasi difasilitasi oleh Aji Kisworo Mukti (Infest Yogyakarta) dan Pri Anton Subardio (BlankOn Banyumas).

Kepala Desa Melung, A Budi Satrio, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sistem yang memudahkan kerja-kerja pemerintah desa. Menurutnya, lemahnya kinerja tata penyelenggaraan pemerintah desa akibat carut-marutnya tata administrasi dan ketidakjelasan wewenang. Selain itu, desa tidak sistem pangkalan data yang mendukung tata layanan yang efektif dan efisien.

Lokakarya berlangsung semarang dengan diksusi-diskusi yang hangat. Kelas kebijakan desa membahas tentang susunan organisasi dan deskripsi kerja pemerintah desa, pedoman penomoran dan pengarsipan surat, dan penyelenggaraan layanan administrasi kependudukan, baik untuk urusan kesehatan, keluarga berencana, kesiapsiagaan bencana dan migrasi kependudukan.

Sementara itu, pada kelas dukungan teknologi informasi dibahas pemanfaatan sistem operasi BlankOn dan aplikasi-aplikasi pendukung kerja-kerja pemerintahan desa. GDM menggunakan sistem operasi dan aplikasi komputer berbasis open source sebagai wujud gerakan kemandirian teknologi. Setiap desa akan memiliki tenaga ahli yang menjadi pusat bantuan (helpdesk) Klinik TIK Perdesaan. (YS)

6 Responses to GDM Banyumas Kembangkan Sistem Mitra Desa

  1. Terus Kembangkan Saya sangat Mendukung Gerakan Ini

  2. budi satriol says:

    Siap untuk dikembangkan di desa-desa

  3. Pingback: Desa 2.0: Perwujudan Open Governance dan e-Government di Perdesaan | Gentasari

  4. Surinto says:

    Kebetulan saya bekerja sebagai perangkat desa, ini informasi yg sangat saya tunggu,….mohon petunjuk bagaimana dan dimana saya bisa ikut belajar aplikasinya, mohon petunjuk, terima kasih

  5. Surinto says:

    kepada bapak kepala desa melung, kec Kedungbanteng Banyumas, mohon maaf jika bpk berkenan menghubungi saya di no 085786344444, saya sangat berterima kasih sekali, karena saya ingin bisa belajar aplikasi SIMpede
    Mohon maaf terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>