Blogger Nusantara Dukung Gerakan Desa Membangun

Jaringan Blogger Nusantara menjadi komunitas dunia maya yang mendukung Gerakan Desa Membangun (GDM). Dukungan para blogger ini dinyatakan oleh koordinator dewan pengarah Blogger Nusantara, Antok Suryaden, saat deklarasi GDM (24/12/2011) di Desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas.

Dukungan para blogger menambah energi GDM yang hanya bermodal solidaritas dan gotong-royong. Suryaden dan pasukan bloggernya mempercepat penyebarluasan gagasan dan informasi GDM di dunia online. Banyak kegiatan GDM dan potensi desa mulai dikenal publik, salah satunya adalah Lokakarya Desa Membangun (LDM).

Awalnya LDM hanya diikuti oleh desa-desa yang diorganisasi dalam dunia nyata, peserta datang karena menerima undangan dari penyelenggara. Fenomena beda muncul pada LDM III di Desa Dermaji, Lumbir, Banyumas mulai muncul peserta yang tertarik mengikuti LDM karena mencari informasi di internet. Desa Singosaren, Banguntapan, Bantul terlibat dalam LDM setelah melakukan kontak melalu media jejaring sosial.

Dukungan lain dari Blogger Nusantara berupa program pengembangan kapasitas bersama. Para blogger akan berbagi pengalaman perihal pengelolaan konten di dunia maya pada pengelola web desa. Bagi Suryaden, portal desa merupakan bagian penting dari keberanekaragaman konten (diversity of content) di dunia internet. Terlebih isu perdesaan masih menjadi topik pinggiran selama ini.

Blogger Nusantara memuji pendekatan GDM dalam pemanfaatan teknologi informasi di dunia perdesaan. Penggunaan teknologi berbasis sumber kode terbuka (open source) mendorong masyarakat perdesaan tidak tergantung pada piranti lunak berbayar. Masyarakat perdesaan dapat terlibat secara aktif dalam penerapan teknologi, baik sebagai pengguna maupun pengembang.

3 Responses to Blogger Nusantara Dukung Gerakan Desa Membangun

  1. Basupati GDM says:

    Blogger Nusantara sangat Mendukung GDM itu berarti Angin Segar dan Masa depan Cerah bagi GDM

  2. TreTans.com says:

    baguss… patut ditiru nih.. ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>