Pemdes Mandalamekar Selenggarakan Lokakarya Gerakan Desa Membangun

Lokakarya Desa Membangun di Desa Mandalamekar

Untuk memperkuat simpul Gerakan Desa Membangun (GDM) maka Desa Mandalamekar akan mengadakan Lokakarya Desa Membangun pada Sabtu-Minggu, 11-12 Februari 2011 di Radio Komunitas Ruyuk FM, Dusun Cinunjang. Lokakarya ini akan difasilitasi oleh Joko Waluyo, Staf Ahli Kemitraan Jakarta dan Yossy Suparyo, Ahli TIK Perdesaan. Selama dua hari itu, para peserta lokakarya akan berlatih melakukan tata kelola sumber daya desa dan penerapan sistem informasi perdesaan.

GDM lahir pada 25 Desember 2011 sebagai wujud keinginan kuat warga desa untuk mengelola sumber daya yang mereka miliki secara mandiri. Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu penggagas utama gerakan ini yang sukses menerapkan pengelolaan media dan teknologi informasi tepat guna.

“Kami menerapkan teknologi buatan anak negeri yang andal dan bisa didapat secara gratisan. Dukungan teknologi dan media mendorong tata layanan pemerintahan kami makin baik,” jelas Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar.

Salah satu kegiatan GDM adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi menggunakan piranti lunak sumber terbuka (open source). Dalam lokakarya ini Tim Mandalamekar Go Open Source (MGOS) akan memberikan dukungan teknis bagi desa yang akan menerapkan dukungan teknologi informasi perdesaan.

“Tim MGOS siap memberikan dukungan bagi desa-desa yang akan menerapkan teknologi open source seperti yang kita lakukan di Desa Mandalamekar,” lanjut Yana.

Kegiatan ini akan diikuti oleh perangkat desa di Kecamatan Jatiwaras, namun panitia membuka peserta dari luar sebanyak 5 orang. Bagi Anda yang tertarik mengikuti kegiatan ini bisa menghubungi Yana Noviadi (085223291633) atau Twitter di @mandalamekar dan @yananoviadi.

Inisiatif tata kelola sumber daya alam yang dilakukan oleh Desa Mandalamekar mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri.

3 Responses to Pemdes Mandalamekar Selenggarakan Lokakarya Gerakan Desa Membangun

  1. Resic says:

    Desaku yang indah, banyak tamanan menghijau, banyak bus angkutan wisata yang tlah melewati pintu gerbang wisata bali utara, tapi .kenapa lahan parkirnya dikit ya dan tdk ada pedagang cendramata.

    • Karina says:

      Desaku yang indah, banyak tamnaan menghijau, banyak bus angkutan wisata yang tlah melewati pintu gerbang wisata bali utara, tapi .kenapa lahan parkirnya dikit ya dan tdk ada pedagang cendramata.

  2. Sunil says:

    Kemarin hari jumat selama serhiaan penuh kami mengikuti pelatihan Webset desa sekecamatan sedong kabupaten cirebon bertempat diruang pertemuan balai desa Winduhaji kecamatan Sedong, kami bangga yang menyampaikan materi adalah anak-anak muda yang kreatif dan energik dan mudah dicerna oleh kami yang masih gaptek dengan IT. Dan hasilnya kami tidak puas dan ingin tahu lebih jauh tentang teknologi internet untuk menunjang kemajuan desa kami, pelatihan selanjutnya sangat kami tunggu, walaupun usia kami sudah tidak muda lagi tapi kami tetap semangat dan ingin lebuh jauh mengenai dunia maya/internet. Terima kasih teman-teman yang telah memperkenalkan kami ke dunia maya/internet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>